Selasa, 07 Februari 2012

Billfold : "Ketika Kita Yakin, Abaikan Yang Lain !"


Beberapa tahun ke belakang, Bandung kembali melahirkan band baru yang segar! Band yang dimotori muka-muka lama di scene indie Bandung ini memberikan suguhan menarik di telinga. Ya perpaduan antara Pam (ex-Sweet Punch For Kids), Ferin (Straight First), Angga (Asia Minor) dan Gania (“Super Girl”-nya Rosemary) hadir dengan musik kencang agak easy listening ala “Pop Punk Harcore”. OKE! Ini dia korban #WAWANCARRR berikutnya… Yaa! Dompet! Eh, Billfold maksudnya.


Tidak seperti biasanya, kali ini sedikit lebih keren, saya menemui mereka di Pizza Hut Dago, Rabu (1/2), keren kan? Walau tidak dengan formasi lengkap, Gania (vokal), Pam (Drum) dan Ferin (Bass) menguak makna dibalik lagu-lagu mereka seperti : Save Them To Save Us, It’s Over dan Abaikan. Nah selamat menyimak, terutama untuk kalian yang mengaku sebagai “Gania Lovers”!


Halo Billfold! Coba dong ceritain awal kalian terbentuk?

Pam: Awal kebentuk billfold,kumaha gan poho deui gan euy..

Gania: Em dia.. dari dia (Pam) nih awalnya.

Pam: Ya awalnya saya, Ferin dan gitaris yang dulu emang rencana pengen bikin band beraliran Pop Punk Hardcore. Kebanyakan kan udah ada band yang kaya Four Year Strong, nah kita pengen beda. Nah kepikiranlah buat nyari vokalis cewe. Dari sana terus ada temen yang merekomendasikan Gania. Ketemu, eh belum ngobrol, Gania udah suka sama musiknya. Terbentuklah Billfold pertengahan tahun 2010.

Masing-masing awalnya udah punya band kan ya? Billfold ini proyekan aja atau gimana?

Pam: Awalnya emang proyekan dari saya. Saya keluar dari Sweet Punch For Kids, terus pengen bikin lagu yang lebih kenceng dari SPFK... Kalem poho pertanyaanna, ulangi deui.

Aduh sarua poho euy.

Pam : Hahaha, ya intinya proyekan, tapi serius.

Terus kenapa milih Billfold untuk nama?

Gania : Nah sebenernya artinya dompet ya, tapi engga ada arti khusus sih, kebetulan aja.

Pam : Teu kitu sih! Awalnya saya di rumah Brez, mulai cari nama nih. Brez lagi masak, saya cari nama di kamus. Pas nemu Billfold, cocok nih, mudah diinget. Artinya juga lucu ya. Kami emang engga mau cari nama yang panjang dan serem-serem. Emang engga ada arti khusus, kalau soal dompet, kami semua emang punya, ngan eweuh eusian, bokek.

Pam : Emang awalnya pengen dari “B” sih ya.

Dalam waktu kurang dari 2 tahun, band yang awalnya proyekan ini udah banyak dikenal nih, Nyangka engga sih?

Pam : Engga nyangka bakal secepat ini. Kaget juga pas lagu Destroy Without Hesitation baru dibuat dan baru di publish di purevolume, besoknya kami manggung , banyak yang sing along.

Gania : Iya, terus lagu Abaikan misalnya, belum sering bawain, tapi udah ada yang hafal. Waaw!

Oke kalian sebut genre Billfold ini Pop Punk Hardcore, Pop-punk-Hardcore itu kan beda, kumaha cik?

Pam: Nih dia yang tau jawabannya, kemaren udah baca tentang Pop dan Punk kan?

Ferin : Belum ah! Gania nih

Gania : Loh ko gue? Hahaha

Pam : Ya pop-punknya kami engga kaya Simple Plan gitu, kalo mau dicontohin New Found Glory masih masuk, Sum 41 masih masuk. Jadi artian pop punk-nya engga terlalu menjual banget. Lebih elegan.

Hahaha oke-oke, masing-masing influence-nya apa nih?

Ferin: Me VS Hero, Daggermouth

Pam: Daggermouth, Rage Againts The Machine, 311

Gania: H20, Set Your Goals, Girls Generation

Terus kabarnya kalian sudah merilis mini album “Subtitute”, tapi saya belum nemu di toko kaset terdekat nih.

Pam : Ya emang udah rilis, tapi soal distribusi masih di PSD (Peter Says Denim) aja. Kalau E.P. ini kan isinya lagu-lagu yang sebelumnya udah di free download, rencananya pertengahan tahun ini bakal di re-package. Empat lagu di E.P Subtitute (Intro, Destroy Without Hesitation, Save Them To Save Us, dan It’s Over) bakal ditambah dua lagu bahasa Indonesia. Tapi itu juga tergantung pihak label kalau soal rilis pastinya kapan. Kalau sekarang kami lagi fokus untuk full-length album yang insya Allah rilis akhir tahun secara independen.

Wow, kenapa sendiri? Padahal mini-album kemarin dirilis PSD Records kan?

Pam : Ya pengen cari pengalaman aja sih.

Gania : Dan pengen lebih bisa eksplor aja sih, kalau di record orang kan mungkin banyak tuntutan ya, biar lebih enjoy aja.

Kisi-kisi dong buat albumnya nanti, masih “kenceng”? Coba deskripsikan!

Pam : Fast! Semua lagu baru, 70% masih kenceng, 30% jualan.

Ferin : Crunchy deh! Bakal ada suguhan menarik.

Gania : Mojo! Tunggu aja biar surprise.

Terus kalo dari lirik siapa nih yang biasa bikin?

Gania: Bareng-bareng, cuman kebanyakan dia (Pam) nih

Hoo otaknya ada di Pam ya, liriknya tentang apa nih? Motivasi ala Hardcore?

Pam: Sebenernya engga selalu tentang motivasi juga. Misalnya di lagu Save Them To Save Us itu tentang peduli dengan alam, kami mengajak temen-temen buat sedikit peduli dengan alam, dari hal-hal kecil lah. Jangan buang sampah sembarangan, mulai berhenti ngerokok..

Ferin: Ya intinya bareng-bareng lah jaga alam.

Gania: Sebenernya kaminya sendiri juga belum ke tahap itu ya, belum sampai ada bukti nyata peduli sama alam. Baru ada niatan untuk ngajak lah.

Nyepet diri sendiri juga kali ya?

Both: Ya!

Pam: Terus lagu yang It’s Over lebih tentang politik lah, jadi lebih tentang buat pemimpin. Contohnya untuk presiden. Ya intinya kalo udah engga dipercaya sama rakyat mendingan sudahi, akhiri saja.

Nah kalau “Abaikan”?

Pam: Tentang… Jadi ada seseorang yang berusaha untuk ngingetin kita untuk berubah, selalu ada orang yang ngusik apa yang kalian yakini untuk dijalani, kadang kan suka ada yang bisikin “tong kieu,tong kieu” jadi mandang kita sebelah mata. Gitu sih intinya.

Gania: Tentang ini nih *nunjuk @TheIlluminati”

Wow, apa hubungan lirik kalian dengan Illuminati?

Gania: Semuanya sih, engga tentang illuminati aja, kalo ada illuminatinya juga yaa…

Pam: Naon deuih jadi ka illuminati.. Engga ko, Jadi kalo misalnya kalian udah yakin, jangan liat kanan-kiri lah.

Hahaha engga mau ngaku nih, coba tanggapanya dong tentang band-band yang suka menyisipkan simbol-simbol yang katanya illuminati?

Pam: Tanggapanya ya lanjutkan dan.. itu tadi, abaikan!!

Gania: Ya sama aja sebenernya balikin lagi ke masing-masing, selama engga ngeganggu dan ngerugiin orang banyak ya silahkan. Tapi menurut saya sih kalau ya bener-bener paham engga usah diomongin ke orang lain, engga usah disebar, diliat-liatin. Jadinya mainstream.

Ferin: Maksudnya ya banyak juga yang kurang ngerti, termasuk saya juga. Kalo kita udah yakin sama keyakinan kita yaudah abaikan aja yang lain.

Oke setuju, rada teu penting emang ngabahas nu kitu. Apa pengalaman paling berkesan pas manggung?

Gania : Kalau buat aku sih, di Bali ya. Panitianya baik, engga nyangka di Bali banyak yang tau Billfold juga. Kami kan baru, tapi sambutan di Bali luar biasa.

Pam : Berkesan di Serang, karena di sana engga dibayar, panitianya kabur. Dan kami berhasil membawa satu gitar dan dua handphone hahaha

Ferin : Pas tour sama tiga band kemaren di tujuh kota ya

Ada pengalaman lucu?

Gania : Pas di Lembang itu, aku hampir jatuh dan panggungnya tinggi banget. Dan apa ya.. Kadang suka speechless pas lagi manggung ada yang teriak “Gania I Love You” hahaha, kan bikin bingung.

Pam : Hal terbodor pas manggung adalah ketika Billfold manggung dan penontonnya nyanyi. Sok hayang seuri euy.

Ferin : Pernah pas lagi loncat, kepleset, jatoh. Niat berekspresi, akhirnya malah malu-maluin. Tapi tetep sok cool sih

Untuk Gania, suka risih engga sih kalau ada penonton yang sampai naik ke atas panggung?

Gania : Engga sih, malah suka menyesalkan kalau ada yang moshing terus ditendangin sama panitia, padahal biarin aja mereka menikmati lagu kami. Takut sih ada, cuma woleslaah, kan banyak bodyguard-nya. Sejauh ini sih engga ada yang macem-macem.

Ada salah satu komentar di youtube bilang kalian lebih pantas jadi band akustik, setuju?

Pam : Malah dari kami sendiri engga suka kalau akustik, pusing soalnya. Di vocal ada part-part agak teriak engga bernada, jadi bingung. engga semua lagu kami bisa dijadiin versi akustik

Gania : Engga ah, Justru jadi aneh gitu kalau akustik.

Billfold udah punya fanbase belum nih?

Gania : belum ada sih, tapi kami selalu menyebut mereka yang suka musik kami sebagai teman bukan fans.

Pam : Ya sejauh musiknya udah bisa didenger dan udah pada nyanyi, udah seneng banget.

Seandainya ada, apa namanya?

Pam : kalau ada, mungkin namanya “Receh” ya, biar pas sama dompet.

Dalam waktu dekat kalian akan manggung bareng Four Year Strong. Gimana ceritanya bisa dinobatkan menjadi opening act mereka?

Gania : Awalnya ditawarin PSD Records, kebetulan mereka yang bawa FYS ke sini. Di PSD Records yang baru dirilis kan Cuma Billfold dan Jolly Jumper, kebetulan kami agak setipe sama FYS, jadi kami yang diajak. Kebetulan juga mereka salah satu influence kami.

Oke, ada persiapan khusus sebelum manggung bareng FYS?

Pam : Paling lagi nyiapin kostum. Persiapan lain ya latihan. Kayanya yang belum siap sih vokalisnya doang, ti bahelula can apal lirik wae. Hahaha. Bobogohan wae, padahal ieu teh Four Year Strong euy, lain manggung di KSC.

Gania : Bukan gitu, rencananya kan nanti bakal nge-cover lagu orang, itu yang belum hafal. Santai, masih lama.

Ferin : Banyak makan, sama kursus bahasa Inggris, biar enak ngobrolnya.

Dari segi stage act, ada hal baru yang mau ditampilkan?

Ferin : paling ada sedikit perubahan aransemen, biar agak beda. Pokonya dispesialin pake telor

Pam : Ya bakal ada intro baru juga nanti

Gania : Stage-act ya spontan aja, paling itu tadi, pake kostum yang lebih mirip pemain voli daripada baseball. Tapi ini manggung paling deg-degan loh, engga tau harus ngomong apa ntar di sana. Takutnya pas kami manggung, penonton malah teriak “Four Year Strong! Four Year Strong!”

Kalau ada kesempatan tatap muka dengan Four Year Strong, apa yang bakal dilakukan?

Pam : Yang pasti kalau foto bareng engga akan lah, gengsi. Hahaha, foto udah pasti ketang, Sama ngasih baju Billfold. Oh iya sama ngasihin sorban dan aka47.

Ferin : Ngajak panco ah.

Gania : Tukeran nomer handphone

Kalimat apa yang bakal terlontar begitu ketemu mereka?

Gania : Fuck You! Hahaha

Pam : Anjing eta For Year Strong!

Ferin : Hello!

Hal tergila apa yang ingin kalian lakukan pas manggung?

Gania : Aku pengennya stage diving cuma takutnya.. haaaa.

Pam : Pake celana dalem, soalnya engga pernah pake celana dalem bro, karena gobal-gabel itu lebih enak.

Ferin : Pengen.. pengen.. manggung pake stelan ninja.

Gania : itu cita-cita aku!! Dari dulu pengen ikut pelatihan ninjutsu.

Vokalis kalian cewe nih, engga takut ada cilok, eh cinlok?

Gania : Ah rongsok! Nih pas tour aja sekamar bareng-bareng, udah cuek sih, mereka nganggep aku cowo. Udah kaya adik-kakak, soalnya yang lain udah pada tua.

Ferin : ya udah ga dianggep cewe seutuhnya lah.

Pam : Jangan sampai ada cinlok lah, kalau berantem kan ribet.

Kayanya kalian deket banget nih, cik bagi-bagi tips buat band lain!

Gania : Sering main ke rumah aku aja sih ya

Pam : Tips biar deket? Mandi bareng. Hahaha

Ferin : Idem.

Suka nonton Smack Down? Siapa tokoh favorit kalian?

Gania : Jeff Hardy dan Matt Hardy, soalnya mereka kembar dan gagah. Glam Rock banget

Pam : Udah engga kejamanan kalau Smack Down, paling dulu pas WCW suka sama Scorpio. Karena pas kecil binatang yang paling saya suka itu kalajengking. Pas SD juga ikut pramuka ikut regu Scorpio.

Ferin : Triple H, soalnya tengil.

Sinetron atau FTV favorit?

Gania : Pokonya yang ada Rio Dewanto.

Pam : Noktah Merah Perkawinan dan Ading & Dado.

Ferin : Tersanjung.

Ieu umurnya pada berapa sih, asa karolot tontonana?

Gania : Aku kelahiran 1991, 20 tahun.

Ferin : Beda 8 bulan lah sama dia.

Pam : 22 sih..

Waduk! 22 tahun masa nontonnya WCW?

Pam : 25 bangsat! Hahaha.

Hahaha. Kalem ini teh ngobrol panjang lebar pada tau ROI Radio engga sih?

Gania : Tau, kan kemaren di kasih tau Brez

Pam : Roy Rahadio? Saha eta teh?

Ferin : Tau, temennya si Aldi.

Coba deskripsikan ROI Radio dalam satu kalimat!

Gania : Apa ya? Engga tau!

Pam : Sekarang saya udah tau.

Ferin : Cute!

Satu kalimat buat Billfold?

Pam : Jangan hanya didengar tapi dilihat.

Gania : Tak kenal maka tak sayang

Ferin : In friends we trust

Buat Om Brez, manager terkasih?

Gania : RONGSOK!

Ferin : NGARATKEUN!

Pam : lebih tepat waktu aja sih..

Asik, kali ini saya dapat kosakata baru : “Rongsok”. Well, terima kasih Billfold, semoga sukses membuka penampilan Four Year Strong, dan impian untuk adu panco bersama mereka bisa jadi kenyataan. Kami tunggu full-length albumnya. YOOO RONGSOK!
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More